Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips untuk Copywriting yang Lebih Baik

Kita semua belajar cara menulis di sekolah, tetapi dalam periklanan, ada beberapa teknik sederhana yang digunakan penulis berpengalaman untuk menyampaikan pesan dengan dampak yang lebih besar dan singkat. Tanpa terlalu tutorial,


Anda akan menemukan 9 tip ini cukup berguna saat menulis surat penjualan, brosur, atau halaman web Anda berikutnya.

Hindari kata kerja yang lemah

Kata kerja "melakukan sedikit" ini hanya menempati ruang dan menyatakan bahwa sesuatu itu ada. Jadi jangan menulis "Ada satu kelalaian sederhana yang dapat mengubah kalimat dari membosankan menjadi cemerlang." 

Tulislah “Satu kelalaian sederhana dapat mengubah kalimat dari membosankan menjadi brilian.” Demikian pula, hindari "Kami akan menjalankan program baru dari kantor kami di Dallas." Alih-alih, pilih "Kami akan menjalankan program baru dari kantor kami di Dallas".

Tempatkan item terpanjang di akhir rangkaian.

Mulailah dengan yang sederhana dan bekerja menuju kompleks. Itu tidak terlalu membingungkan dan membuat akhir kalimat lebih berkesan. Jika Anda memiliki serial seperti "Dia selalu seperti Joan, keras dan membosankan." Pilih "Dia berisik, membosankan, dan selalu belakangan seperti Joan".

Spesifik lebih meyakinkan.

Kecuali Anda harus karena alasan hukum, jangan gunakan kata-kata seperti banyak, beberapa, kira-kira, hampir, dan pengubah musang lembek lainnya. Spesifik memberi tahu audiens Anda bahwa Anda tahu apa yang dapat dilakukan produk Anda berdasarkan pengujian, penelitian, hasil, dll.

Modifikasi tetanggamu.

Klausul tetangga, yaitu. Pastikan pengubah Anda berlaku langsung ke klausa terkait yang dimaksud. Lakukan ini dan Anda akan menghindari kesalahan seperti “Saya bertabrakan dengan truk stasioner yang datang dari arah lain. (Truk itu tidak datang dari arah lain, itu tidak bergerak.)

 Lebih baik memberi tahu juri, "Saya datang dari arah lain dan bertabrakan dengan truk yang tidak bergerak." (Anda masih akan membayar denda karena menabrak truk, tetapi setidaknya Anda akan dianggap tidak mabuk.)

Gunakan kata kerja tunggal untuk menghindari doublespeak.

Kata kerja tunggal seringkali dapat melakukan pekerjaan dari dua kata kerja serupa. Alih-alih "Komputer beroperasi dan berjalan lancar", pilih "Komputer berjalan lancar". Atau, alih-alih "Dia kosong dan kehabisan bensin", gunakan kalimat yang lebih langsung "Dia kehabisan bensin".

Variasikan panjang kalimat.

Serangkaian kalimat dengan panjang yang sama bisa membosankan. Mulailah dengan kalimat pendek atau setidaknya kalimat panjang, lalu panjang, pendek, sedang atau kombinasi apa pun darinya. Bayangkan seseorang berbicara dalam kalimat yang panjangnya sama. Robot.

Apakah kalimat Anda seperti Kelinci Energizer?

Mereka terus dan terus. Hanya karena Anda menyampaikan informasi hukum atau teknis yang rumit, tidak berarti Anda harus menggunakan kalimat berbelit-belit yang sepertinya tidak pernah berakhir. Alih-alih mengatakan "Sinar laser, yang memiliki banyak sifat yang membedakannya dari cahaya biasa, dihasilkan dari pancaran energi dari atom dalam bentuk gelombang elektromagnetik." Pisahkan dan ulang kalimat menjadi “Sinar laser memiliki banyak sifat yang membedakannya dari cahaya biasa. Mereka diproduksi ketika atom memancarkan energi dalam bentuk gelombang elektromagnetik.”

Pendek dan manis.

Mengapa menggunakan frase 4 sampai 5 kata ketika versi 1 sampai 2 kata akan bekerja dengan baik—tanpa kehilangan makna? Pernyataan seperti "mengingat fakta bahwa" dapat dengan mudah direduksi menjadi "sejak" atau "karena". Ekonomi kata sangat penting, terutama saat Anda membayar ruang iklan premium di publikasi besar.

Jangan melebih-lebihkan yang sudah jelas.

Redundansi bagus untuk perjalanan luar angkasa, tetapi tidak untuk penulisan yang jelas. Frasa seperti "antisipasi sebelumnya", "selesai sepenuhnya", atau "hal-hal penting" akan membuat pembaca Anda gila dan sangat sedikit berkomunikasi. 

Hal yang sama berlaku untuk merangkai dua atau lebih sinonim seperti "pikiran dan gagasan" atau "tindakan dan perilaku". Itu membuat pembaca bertanya-tanya apakah Anda benar-benar bermaksud mengatakan dua hal yang berbeda atau hanya ingin memperkuat satu kata dengan sinonim yang tidak perlu.

Jadi lain kali Anda kesulitan dengan surat penjualan, surat atau halaman web itu, ikuti aturan sederhana ini. Mereka akan membantu Anda mengomunikasikan pesan Anda dengan lebih jelas dan dengan daya jual yang lebih besar. Ingat, ada 26 huruf dalam abjad Inggris. Gunakan dengan bijak.

Post a Comment for "9 Tips untuk Copywriting yang Lebih Baik"

close